Bahaya, Jangan Oleskan Pasta Gigi Pada Luka Bakar !

Pernah mendengar tips menggunakan pasta gigi sebagai pertolongan pertama untuk luka terbakar ?

Kemungkinan hampir sebagian besar orang pernah mendengar atau bisa saja pernah melakukan hal tersebut.

Namun, jika ditanya apa dasar medis penggunaan pasta gigi atau odol untuk luka bakar ? Hampir sebagian besar juga, atau bahkan seluruhnya tidak mengetahui.

Karena, menggunakan odol untuk luka bakar memang tidak memiliki dasar medis, tips tidak tepat yang entah bagaimana terlanjur menyebar dan dipercayai.

Luka Bakar Jangan Diolesi Odol, Ini Alasannya

Pasta Gigi Untuk Luka Bakar

Berdasar pada informasi dari drg Ratu Mirah Afifah GCGLinDent, Division Head for Health & Wellbeing dan Professional Institution Unilever Indonesia Foundation. Menggunakan pasta gigi pada luka bakar sama sekali tidak memberikan efek medis yang menolong, malah cenderung berbahaya.

Untuk kita ketahui, dalam pasta gigi umumnya mengandung zat pemutih gigi dan bahan kimia seperti calcium carbonate, dan atau potassium citrate.

Bahan bahan tersebut dimasukan kedalam komposisi pasta gigi karena memiliki manfaat untuk membersihkan dan memutihkan gigi.

Namun, efeknya bisa saja berbanding terbalik jika digunakan di kulit, apalagi pada kondisi kulit sedang terluka atau sensitif.

Penggunaan pasta gigi pada kulit bisa menimbulkan efek iritasi, bahkan memperparah kondisi luka.

Lalu, apa yang harus kita lakukan saat mengalami luka bakar ?

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Hindari mengoleskan pasta gigi pada area luka bakar. Pertolongan pertama yang bisa anda lakukan untuk luka bakar atau luka terkena panas adalah menempatkan area kulit yang terbakar di bawah aliran air kran atau air yang mengalir lainnya.

Tindakan tersebut bisa sedikit membantu mengurangi rasa sakit karena panas, dan bisa anda lakukan selama lebih kurang 5 menit.

Tindakan selanjutnya adalah mengeringkan area kulit yang terluka dan oleskan krim antibiotik untuk mencegah infeksi.

Untuk kondisi luka bakar yang serius, sebaiknya segera anda kunjungi dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan tindakan medis yang tepat

 
Atas