Pakai Tabir Surya Jangan Sembarangan, Ini Tips nya

Tanpa kita sadari, kebiasaan membiarkan kulit terjemur sinar matahari bisa menjadi penyebab kulit, terutama kulit wajah, rusak dan ber-resiko terkena masalah seperti salah satunya penuaan dini.

Penyebabnya adalah radiasi sinar UV A dan UV B yang terdapat pada sinar matahari.

Oleh karena itulah, menggunakan tabir surya dengan kandungan Sun Protection Factor atau SPF menjadi suatu kewajiban untuk anda yang mau tidak mau harus berada atau beraktivitas dibawah sinar matahari.

Baca juga, praktis, produk ini bisa menggantikan make up remover

Tabir Surya

Tips Menggunakan Tabir Surya

Sebenarnya, tubuh kita memerlukan sinar UV B dari matahari. Karena sinar UV B membantu tubuh membentuk vitamin D di lapisan kulit kita.

Namun, jika tubuh terpapar sinar UV B terlalu lama, efeknya justru menjadi kurang baik, kulit menjadi terlihat kusam, kering terbakar, bahkan ber-resiko meningkatkan kemungkinan terkena kanker kulit melanoma.

Dan meskipun tidak mencapai 100% jaminan terlindungi, menggunakan tabir surya bisa mengurangi resiko buruk yang mungkin timbul karena sinar matahari. Tentunya dengan catatan tabir surya yang anda gunakan mengandung SPF dengan nilai yang mencukupi.

Produk tabir surya atau produk lotion ber-SPF yang masuk kategori cukup, adalah produk dengan kandungan SPF minimal 24, karena diyakini memiliki tingkat perlindungan kulit dari resiko efek sinar matahari hingga 97%, bahkan bisa lebih baik lagi jika produk tersebut juga bisa melindungi kulit dari sinar UV A.

Untuk perlindungan terbaik, pilihlah produk tabir surya yang tahan air. Sehingga meskipun anda berkeringat atau saat berenang, tabir surya yang anda gunakan tidak hilang atau terbasuh oleh air atau keringat.

Baca juga, ulasan RJ Daily Moisturizer SPF 38 with Aloe Vera

Tips Menggunakan Tabir Surya

Untuk anda yang selalu rutin menggunakan produk tabir surya, apakah anda yakin jika produk yang anda gunakan sudah cukup melindungi anda dari efek buruk sinar matahari ?

Ada beberapa tips yang rasanya perlu untuk diketahui agar kita lebih yakin telah sepenuhnya melindungi kulit dari radiasi UV A dan UV B, yaitu

  1. Pastikan anda mengocok kemasan tabir surya terlebih dahulu sebelum digunakan. Terutama produk yang jarang dipakai, beberapa jenis kandungan dalam produk tabir surya tersebut sangat mungkin mengendap atau terpisah dari bahan lainnya.

    Oleh karena itu, mengocok kemasan tabir surya bertujuan untuk memastikan seluruh komposisi tercampur rata.

  2. Berikan waktu yang mencukupi agar produk tabir surya yang kita gunakan meresap kedalam kulit sebelum kulit terkena sinar matahari.

    Jeda menggunakan tabir surya yang disarankan adalah 30 menit sebelum kita beraktivitas di luar ruangan

  3. Untuk memastikan kulit tetap terlindungi, sebaiknya kembali gunakan tabir surya setelah 2 jam berada di luar ruangan, atau gunakan kembali segera setelah anda berenang atau berkeringat.

    Jika memungkinkan, ambil waktu berlindung atau berteduh jika sinar matahari dirasa sangat terik. Atau tambah perlindungan kulit dengan menggunakan topi, payung, atau jaket.

 
Atas